Jatuh Cinta pada Pop Punk

10:54


            Jadi gini ya, karena sepertinya masa masa kejayaan musik musik pop punk mainstream ini sudah lewat, susah banget nyari yang masih dengerin lagu ini dan berbagi cerita – cerita. Bahkan yang dulu fangirl fangirl personil band ini udah nggak napsu lagi kali ngomongin mereka hahahha. Temen – temen real life (ciaelah emang punya temen?) gue juga Cuma  satu  yang masih dengerin poppunk, dan gue merasa kasihan kalau tiap gue fangirlingan ngerusuhin dia melulu hahha. Oleh karena itu, seperti biasa, gue akan ngalor ngidul disini. Thankyou bloggy for always being there for me :’) dan ini akan menjadi post yaaang panjaaaaang, brace yourself~

Definisi poppunk menurut om Wikiped bisa diliat disini (males nulisnya hahah)
Tapi menurut gue pribadi dan definisi asal asalan yang gue dapatkan waktu pertama kali denger musik musik sejenis, yaitu musik marah marah. Ya, punk sendiri merupakan bentuk pemberontakan, bukan?
Pop punk, punk rock, punk emo, dan sebagainya meledak banget di awal 2000an, meskipun genre ini udah dari taun 80an. Mungkin karena MTV lagi jaya – jayanya digandrungin anak muda, dan band – band yang kebetulan muncul tahun segitu bisa langsung di angkat ke permukaan.

Dari berbagai macam band poppunk yang ada, yang menarik perhatian gue ada 3. Simple Plan, blink-182, dan Good Charlotte. Gue tertarik sama mereka karena lirik – lirik yang mereka buat itu dekat sama kehidupan gue, karena mereka juga bikin lagu berdasarkan pengalaman pribadi mereka. it's just make you think that you're not alone. Liriknya jujur dan nggak bertele – tele sok puitis gitu hahahaha.  Liriknya sederhana, bahkan agak lebay, tapi mereka bisa ngaransemen musik jadi oke banget, well dengan gaya mereka masing – masing.




SIMPLE PLAN









            Pertama, gue mau bahas Simple Plan. Band yang gue gandrungin waktu SD sampe SMP sampe gumoh dengerin lagunya, seriously, I still love them tapi gue lagi stop dengerin lagu mereka sangking udah bosennya. Gue dengerin mereka waktu masih cupu cupu soal internet, jadi  sekalinya menemukan lagu mereka, ya itu – itu aja yang di dengerin sampe bosen.
            Dan selalu, yang menarik perhatian itu vokalis. Yes Pierre Bouvier is my biggest crush ever! Hahahaha, unyu dan baby face banget gak sih. Sama Sebastian juga deh, dia ganteng juga hahaha.

            About their songs   :

            Lagu – lagu yang mereka angkat kebanyakan tentang pemberontakan masa muda (halah) , dengan lirik – lirik yang kekanakan sekali, yup, kayak anak kecil yang lagi ngomel – ngomel, yang nggak mau jadi dewasa, yang marah sama dunia; ya itu semua berlaku di album lamanya kecuali album Self Titled sampe yang baru mereka bukan lagi anak anak pemberontak, udah papah papah cuy. Musiknya sih easy listening, gak terlalu teriak teriak kecuali di beberapa lagu, nggak terlalu jedak jeduk dan kasar. They’re sweet boys anyway! Hahahaha. Sampe sekarang pun mereka nggak gonta ganti personel atau bikin sesuatu yang cukup nyeleneh atau digosipin pacaran sama artis artis mana gitu. Hidup mereka adem ayem dan gue lagi nungguin album ke 5 mereka yang katanyaaaa mau rilis tahun ini.


My favorite


Welcome to My Life
Sampe gumoh sampe bosen dengernya hahahaha.
“Do you ever feel like breaking down? Do you ever feel out of place? Like somehow you just don’t belong and no one understand you?”
Duh itu kayaknya dirasain sama semua remaja di muka bumi ini ya. Dan waktu itu gue merasa lirik itu gue banget hahahaha. Giliran sekarang waktu mata hatinya (lets say, otak gue) sudah mulai bekerja sebagaimana layaknya manusia, gue Cuma ketawa – ketawa dan berpikir bahwa dulu apaan sih yang complicated? Apaan sih, siapa sih yang nggak ngertiin gue, kenapa sih, ada apa sih hahahaha. Dan gue berpikir bahwa sesungguhnya semua remaja mempersulit diri mereka sendiri, karena mereka emang pada saat itu enggak ngerti dirinya sendiri juga. But yes, lagu ini dulu mainstream, overplayed, tapi emang gue banget hahahaha.

Shut Up
Ini juga, lagu marah marah sama orang yang banyak omong hahaha. Dulu kalau abis diomelin nyokap gue pasti setel lagu ini keras – keras, ngodein doi parah hahahaha.
“You always take time to criticsize me”
Lagu orang yang nggak mau di kritik atau dikomentarin orang. Well sampai sekarang gue juga termasuk orang yang sulit menerima kritik, but yeah, that’s society, peopleeeee~

Perfect
“hey Dad look at me, think back and talk to me, did I grow Up according to plan?”
Lagu galau antara anak – bapak. Dan emang perfect banget. Gue yakin di dunia ini ada anak yang nulis surat ke bokapnya pake lirik lagu ini :’)

I’m Just A Kid
“I’m just a kid and life is a nightmare, I’m just a kid I know that is not fair, nobody cares cause I’m alone in the world and having more fun than me.. tonight”
Yes, dulu gue merasa ini lagu gue banget. Sebagai anak yang nggak dibiasain(baca:dibolehin) main main keluar rumah yang mana sekarang malah jadi kebiasaan gue ngerem di dalem rumah, lagu ini menggambarkan gue banget gitu deh disaat temen – temen gue sudah merambah pacar- pacaran genit dan nongkrong – nongkrong alay(yang mana sekarang gue sangat berterimakasih sama peraturan rumah gue yang menghindarkan gue dari ke alayan tersebut) gue menghabiskan masa early teenager gue dirumah dengerin lagu sambil ngeforum, nonton anime, main badminton dan curcol curcol unyu sama mas mas gardening yang banyak di rumah gue hahahaha(ujung ujungnya tetep alay)

Grow Up
“Until the day I die, I promise I won’t change.... So you better give up, I don’t wanna be told to grow up, cause I don’t wanna change, I just wanna have fun!”
Agak miris sih sekarang si Pierre yang nyanyiin lagu ini udah punya anak dua. Dan gue yang penikmat lagu ini dan suka nyetel keras- keras pun sudah berkepala dua. Kesimpulannya, sekuat apapun lo bertahan untuk tetap menjadi anak – anak dan berjiwa muda, di satu sisi lo pasti pelan pelan berubah(meskipun ada orang dewasa yang pola pikirnya tetep childish, tapi menurut gue childish anak remaja puber itu beda sama childish nya orang dewasa yang pikirannya sempit dan kekanak kanankan. I dunno why)

It’s Me Against The World
Ini salah satu lagu SP yang cukup “galak” musiknya hahahaa. Gue rada lupa sama liriknya, tapi yang jelas lagu ini jadi top track kalau gue lagi marah – marah.

Crazy
"tell me what's wrong with society..." 
This song is released almost 10 years ago, and society is not getting any better.


I’d do anything
Gue nggak ngerti sih ini tentang cinta, galau galau atau apa, tapi ini masuk lagu favorit gue. Musiknya enak, and hell yeah there was Mark Hoppus in this song!!




GOOD CHARLOTTE





Seperti yang pernah gue tulis, gue jatuh cinta sama mereka waktu tahun 2007/2008an gitu deh pas album Good Morning Revival keluar. Sebelumnya gue pernah denger Lifestyle of The Rich and The Famous, We Believe, I just Wanna Live di MTV tapi sekedar lewat doang dan nggak terlalu gue perhatiin. Setelah gue jatuh cinta sama Good Morning Revival baru deh gue cari tahu yang lain – lain. Tapi tetep, Cuma Good Morning Revival yang satu album gue suka semua.





About their song

Band ini beranggotakan 4 orang yang tetap + 1 drummer yang gonta ganti dan gue nggak pernah perhatiin hahaha. Yaitu Joel & Benji Madden, Paul, dan Billy. Dan semua lagu GC itu si Madden twins yang bikin.
Bisa dibilang mereka adalah anak – anak korban perceraian orang tua, dan marah banget sama ayah mereka. Memang ada beberapa lagu yang bener bener ditujukkan untuk menceritakan dan meluapkan emosi mereka buat bokap nya kayak Emotionless, The Story of My Old Man, Predictable, dll. Tapi hampir di semua lagunya, selalu ada sebaris lirik yang nyindir atau bawa – bawa bokapnya.  Gokil sih. Tapi keren banget. Lagu – lagu mereka jadi bener bener emosional, apalagi di album Chronicles of Life and Death yang emang bertema emo.

My Favorite


Keep Your Hands Off My Girl

Ini lagu yang bikin gue jatuh cinta sama mereka. Liriknya sih nyeleneh – nyeleneh ala ala rapper gitu, tapi aransemen musiknya parah keren banget. Asik banget.

Emotionless

Do you think about your sons?Do you miss your little girl?When you lay your head down,how do you sleep at night?Do you even wonder if we're alright?

Ini lagu nyeritain tentang ayah mereka. Gila pas dengerin pertama kali gue langsung nyess gitu. Judulnya sih Emotionless, but it’s so full of emotions! Sedih banget gue sampe ngebayangin mereka pas ditinggal bokapnya gimana rasanya.
Gue emang nggak ditinggal bokap gue dengan sengaja, dan gue juga  nggak membenci dia, tapi lagu ini sukses bikin gue yang meskipun nggak merasa relateable sama liriknya sampe nangis. Nangisin mereka. Their emotion going through my headphone to my heart. Yeah, they sing with their heart.


Harlow’s Song
And tommorow when you wake I'll be next to youThe protection of the dayWhen the tears fall down your face like morning dewI'll be there to put a smile on your face
Lo harus tau Joel adalah bapak terunyu di muka bumi ini!! Hahaha!. Di album Cardiology, ada satu lagu judulnya Harlow’s Song, yang dia tulis buat anaknya, si Harlow. Kalo yang gue baca di songfact.com itu tuh lagu nina boboin anaknya, eh terus si Benji denger dan bilang dibikin lagu aja. Gue terharu gitu kalau abis dengerin Emotionless(2002)  yang penuh rasa marah dan kekecewaan sama ayah mereka, terus dengerin Harlow’s Song(2010) dengan lirik unyu parah dari ayah ke anak, gue bisa ngebayangin mereka berdua bakal jadi ayah yang baik dan nggak akan mengulangi kesalahan yang ayah mereka pernah buat :’)


Little Things

Yeah, this song is dedicatedTo every kid who ever got picked last in gym classTo every kid who never had a date to no school danceTo every one who's ever been called a freakThis is for you
Hits pertama mereka tahun 2000 gitu. Di video clip nya aja mereka masih cupu cupu gitu hahahaha. Tapi gue suka banget liriknya. Lirik anak anak SMA yang unpopular gitu lah hahaha. Of course, I feel relate to.


The Motivation Proclamation

Motivate me, I wanna get myself out of this bedCaptivate me, I wanna good thoughts inside of my head
Suka banget lagu ini. Karena gue banget. Iya. Gue bangeeeeet hahahaha

Misery

Keep Your Sadness Alive
Liriknya emo banget, tapi musiknya asik banget. Enak banget. Eargassmmmm!!!


Wondering
If you want me to wait, I will wait for youIf you want to stay, I'll stay right thru
Gue suka lagunya. Awalnya gue kira ini tentang cinta cinta gitu kan, eh pas bac – baca di internet ternyata Benji bikin lagu ini tentang anjingnya Cashdogg hahahaha langsung kecewa gitu gue udha high expectation aja. Dan setelah gue baca liriknya lagi emang cukup nyambung kalau yang diceritain di lagu ini tuh tentang seekor anjing.

Wounded

But help me heal these wounds,they've been open for way too longHelp me fill this soul,even thought this is not your fault
Bonus track di album Chronicle of Life and Death, yang nyanyi full Benji dan akustik gitu. And yeah, gue juga nangis pas dengerin ini. Emo, mentah, sedih, dan penuh  emosi.



Hold On
It’s about suicidal things.

The Young and The Hopeless
Ini juga keren lah. Depresif sih lirknya, tapi ya emang gitu hahahaha.

Girls Like Boys

Girls don't like boys girls like cars and moneeeey~
Lirik paling realistis sepanjang masa

Dan masih  terlalu banyak kalau disebutin, dan gue terlalu males hahahaha




Good Charlotte sama Simple Plan pernah satu panggung dan nyanyi bareng di MTV Asia dalam rangka MTV Aid kalau nggak salah ya. Dan gue nonton itu di MTV sambil speechless. My two favorite band di satu panggung ~~~





BLINK-182




Awalnya band ini terbentuk dengan formasi Mark Hoppus – Tom Delonge – Scott. Terus Scott itu entah kena drugs atau apa dia dipecat gitu deh dari band. Dan digantiin sama Travis Barker.

Band ini band kelas internasional yang punya banyak fans padahal lirik – liriknya nyeleneh parah hahahaha. Tapi karena nyelenehnya itu lah, sekalinya mereka bikin lagu yang cukup dewasa dan serius bakal jadi hits gitu hahahaha.

Yang sedih itu waktu mereka sempet bubar, karena Tom mau bikin musik yang nggak kayak blink, yang emang akhirnya dia bikin Angel and Airwaves. Dan akhirnya Mark sama Travis tetep berkarya bersama lewat +44. Sampe tahun2009an, Travis kecelakaan pesawat. Untung doi masih hidup huhuhuh. Karena kecelakaan itulah, akhirnya mereka bertiga rembukan lagi dan blink-182 kembali!!




About their song

Seriously, lagu mereka nyeleneh nyeleneh parah. Tapi musik mereka asik banget. Apalagi gebukan drumnya om Travis, kagak nahaaaannn~ ada sih lagu lagu serius, apalagi di album Neighborhood yang emang udah mature dan dibuat sama bapak – bapak umur 40an, bukan lagi bocah bocah hahaha.

My Favorite


What’s My Age Again?

"My friends say I should act my age. What's my age again?"




Yep, theme song para young adult yang menolak menjadi tuaaa~ hahahah. Katanya sih lagu ini lebih serius dari itu, tentang peterpan syndrome kalau nggak salah, tentang orang – orang dewasa yang emang masih bertingkah kekanakkanakan. Tapi tetep aja gue senyum senyum sendiri tiap denger lagu ini. Karena gue juga dalam tahap menolak menjadi tua :D
Dan ya, siapa yang bisa nolak video clip mereka yang lari lari telanjang keliling LA!?? 

Always
 And I'll miss your laugh your smileI'll admit I'm wrong if you'd tell meI'm so sick of fights, I hate themLets start this again for real

Beginilah cara cowok – cowok bandel ngajak ceweknya baikan. Yep, it’s romantic in Blink way!



Boxing Day
Empty Like the day after Christmas. I just fall in love with these lyric!


Adam’s Song
"I can't wait till I got home to pass the time in my room alone"
Lagu dark yang banyak rumor simpang siur. Ada yang bilang ada fans yang ngirim surat ke mereka dan bunuh diri terus dibikinin lagu deh sama mereka, ada juga katanya karena Mark depresi pas lagi tour 9 bulan dan nggak ada yang nunggu kepulangan dia di rumah (sementara Tom sama Travis punya pacar dan nunggu mereka) , dan banyak gosip lainnya.
Tapi yang jelas, lagu ini sedih banget. Cuma digarap sedemikian rupa jadi tetep khas blink dan nggak ketara sedih dari musiknya.

Feeling This
Lagu ini lust banget hahahah. Tapi gue suka musiknya. Dan drum om Travis tentunya.

After Midnight
Paling suka dari album Neighborhood. Enaaaak banget.

Stay Together for the Kids
Ini salah satu lagu serius mereka. Dan ya, tentang perceraian rumah tangga.


Story of The Lonely Guy

Roller Coaster

Reckless Abandon

Dammit


All The Small Things


Gue suka video clipnya, kocak parahhhhh nyindir boyband boyband awal 2000an gitu ahahahaha parah!!! Band punk sekarang harus bisa nyindir boyband sekarang jugaaa pleasee haahahaha

Dan lagi, kalau gue sebutin bakal terlalu banyak hahahaah.


Selain band band diatas,
Gue juga dengerin New Found Glory, +44, dan Neck Deep. Iya, Neck Deep satu – satunya band pop punk generasi baru yang gue dengerin. Dan yang gue sedih dari dengerin beberapa band pop punk baru lainnya, semuanya hampir sama aja. Mungkin dengan teknik mereka dan teknologi ya, jadinya nggak ada lagi lagu – lagu sederhana dan mentah kayak pop punk dulu yang emang Cuma gitar listrik gak pake efek macem macem. Bagus sih, tapi nggak bisa bikin gue langsung jatuh cinta gitu -_-

Dan yang bikin sedih lagi, ketiga band favorit gue diatas udah menuju tua hahahahaha. Sedih banget kalau inget mereka dulu bikin lagu immature, marah – marah, dan sebagainya dengan aransemen seadanya, sekarang udah jadi papah – papah suami orang dan nggak lama lagi akan menembus umur 40 tahun. Well, Mark Hoppus juga udah lebih dari 40 tahun meskipun kelakuannya juga masih bocah bocah punk banget hahahaha.

Well, pop punk never die!

You Might Also Like

1 comments

  1. Duh, ane juga suka banget tuh sama BLINK gan! Sama si Travis, keren lah pokoknya. Nice sharing gan ^^

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images