Tipis-tebel-tipis-tebel

20:14

Special for "Pak Mus"
R.I.P 04-12-10

:'(

Beliau memperkenalkan diri sebagai "Pak Mus",guru yang mengajari saya kaligrafi di sekolah,kelas 2 SMA. Waktu kelas 1, saya nggak diajar Pak Mus,karena pelajaran seni nya adalah seni musik,dan ketika saya kelas 1 Pak Mus merangkap sebagai guru agama,namun hanya beberapa kelas yang diajar nya.
Saya diajar pak Mus di minggu kedua masuk tahun ajaran baru. Karena ketika pertama kali beliau mengisi jam pelajaraan ketika itu saya sedang mewakili ekskul saya untuk promo di acara MOS siswa kelas 1.

Minggu kedua,ketiga,dan selanjutnya, saya nggak ngerti lagi deh apa yang dibicarakan olehnya. Saya meremehkan pelajarannya jadi pikiran saya melayang kemana mana, sekalipun raga saya diam di tempat duduk.
Pak Mus adalah 1 dari guruguru di sekolah saya yang sering... diledek?dicela mungkin sama murid murid. Banyak banget dosa anak anak sama bapak :'( termasuk saya.

Yang saya inget banget banget itu waktu terakhir beliau ngajar dikelas saya. Mau ulangan semesteran, beliau ngasih soal yang didikte dan ternyata sekaligus dikerjakan!
Ngediktenya cepeeeeeet banget! Banyak yang pada emosi,gara gara tangan masih keriting udah mulai lagi diktenya.
Lalu dia sempet ngelawak(atau bukan?) pokoknya dia ngomong diulang dua kali. Iya sih,perjanjiannya emang "saya hanya akan mengulang dua kali,dengarkan baik baik" yakali giliran tulisannya mudah ditulis si bapak malah ngulang duakali. Kami tertawa, tapi beliau tidak. Entahlah,biasanya sih kalo dia mau ngelawak juga dia nggak ketawa.
Saya inget banget,4 soal terakhir katanya bonus, kuncinya DACE- D,A,C,E.

Dan ketika hari H ulangan kaligrafi, emang bener,soalnya urut,dan 4soal terakhir bonus, DACE. Saya masih hafal hurufnya,tapi di kertas soal pun udah dilingkarin jawabannya sama si bapak. Saya jadi ngerasa gimaanaa gitu waktu UHB 2 saya remedial pelajaran kaligrafi.
Setelah itu saya nggak terlalu memperhatikan dan melihat beliau.
Sampai kemarin waktu bulan bahasa,pagi pagi,ada pemberitahuan,pak Mus udah nggak ada. Saya nggak tahu ya, saya nggak ngerti kenapa saya ngerasa kehilangan yang cukup mengena.
Padahal,belum tentu bapak itu mengingat nama,wajah,dan kelas saya. Belum tentu bapak itu tahu saya yang mana.
Saya juga nggak pernah bicara sama bapak itu diluar konteks belajar mengajar kaligrafi.
Tapi waktu denger berita tentang beliau kok saya jadi speechless selama beberapa detik,meskipun setelah itu saya panik dan sibuk lagi ngurusin pementasan mepet-kampret itu.
Setelah selesai acara,dan beberapa masalah menghantam saya, dirumah saya kepikiran bapak itu lagi gara gara ngeberesin buku pelajaran saya dan-entah kenapa seperti di film film-buku kaligrafi saya,itu loh tahsinul khot yang beliau bangga banggakan dan rewel nyuruh anak anak memberi nama disetiap sisi bukunya,jatuh ketika saya mau mengambil selembar selipan kertas. lantas pikiran saya jadi ke bapak itu lagi,dan lagi.

Bapak itu hanyalah sebatas guru-murid dengan saya.Bapak itu nggak pernah bicara dengan saya selain ngomelin saya karena bikin tulisan nggak ada "bolongannya", dan manggil nama saya saat absen dan ngasih tugas remedial. Cuma itu,tapi kenapa saya ngerasa kehilangan?
Saya jadi berfikir,hari Rabu...kalau iya sekolah masuk,ada jam nya pak Mus,jam ke empat,di ruang seni yang panas itu.

Ruang seni yang panas,
Suara Pak Mus yang mengejutkan
Derit spidol permanent gepengnya
Kacamata hitamnya
Hentakan tangannya di meja
Suara adzan yang mengheningkannya

Semua itu ringan,namun kenapa begitu menyesakkan?
Ternyata benar, kita baru mengetahui betapa berartinya keberadaan seseorang dalam kehidupan kita setelah orang itu tidak ada.

Semoga Pak Mus diterima di sisi-Nya,semoga pak Mus baik baik saja disana.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images